BERANDA

Senin, 05 Oktober 2009

Pencerahan Hati

PENCERAHAN HATI
JURUS JITU MENGUBAH KINERJA

Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1419 H tepatnya tanggal 27-28 Agustus 2008 Cabang Dinas P dan K Kecamatan Kadur bekerja sama dengan Cabang Dinas P dan K Kecamatan Pasean mengadakan kegiatan Pencerahan Hati. Suatu kegiatan yang barangkali perdana di Pamekasan, khususnya dikalangan dinas yang merupakan komunitas para guru.
Pencerhan Hati suatu model pelatihan yang mengarahkan pada penyadaran rohani dan psikis peserta pelatihan. Pelatihan ini membidik peserta untuk mengenali dirinya tentang potensi diri, kelemahan diri, dan kelebihan diri, serta bagaimana menyikapinya. Peserta pelatihan dengan kesadaran penuh menyebutkan kelemahan dan kelebihan, potensi diri yang telah dimanfaatkan dan yang belum dimanfaatkan, dan bagaimana pengejawantahannya dalam profesinya sebagai guru atau dalam kedinasan.
Pengenalan peserta pelatihan tentang siapa sebenarnya dirinya dikemas dalam materi pelatihan yang inovatif dan kreatif, sehingga tidak ada kesan monoton dan menjenuhkan. Peserta pencerahan hati tampak antusias mengikuti setiap session yang sajikan.
Pelatihan yang diikuti 57 orang ini tampak berawal dengan teka teki dan pertanyaan besar dari peserta. Hal itu karena adanya anggapan dari sebagian peserta bahwa kegiatan ini tidak ubahnya seperti pengajian atau ceramah agama. Kegamangan ini tampaknya terhapus dengan sendirinya setelah materi membangun suasana terlaksana dan mulai memasuki materi inti yakni potensi diri, qolbu, ukhuwah dan kebrsamaan, adil dan profesional. Semua materi di atas disajikan dengan senantiasa menyentuh tugas dan tanggung jawab peserta selaku guru atau pendidik.
Tanggapan peserta memang beragam. Akan tetapi mereka mengaku miris dan terennyuh dalam perenungan yang dilakukan selama pelatihan, karena merasakan begitu banyaknya kelalaian dan kesia-siaan yang dilakukan selama ini dalam melaksanakan tugas kedinasan.

Akankan hal ini akan membuka kesadaran para peserta pelatihan sehingga mereka setelah pelatihan pencerahan hati ini akan berubah menjadi lebih baik?
Ataukah kesadaran akan diri yang telah diketahui dalam pelatihan ini hanyalah berefek sesaat saja?

Sungguh suatu harapan besar bisa terjadi dalam dunia pendidikan dasar kita. Perubahan aktivtas kedinasan dan jalannya pendidikan di SD negeri di Pamekasan ke arah yang lebih baik (khususnya bagi guru SD negeri yang bertugas di daerah pedesaan dan pedalaman) yang selama ini terlanjur mendapatkan predikat miring dalam aktivitas kedinasannya.
Harapan di atas bukanlah suatu yang utopis belaka. Hal itu sesuai dengan tujuan dari pelatihan ini yakni untuk meningkatkan keimanan dan ketqwaan kepada Allah Swt. dengan membuka mata hati guna mengenal siapa diri kita. Tujuan pelatihan ini sangat sesuai dengan visi dan misi hidup kita di dunia sebagaimana berikut ini.

VISI HIDUP
Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa
kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.
[QS. 3.102]


TUJUAN / MISI HIDUP
Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah pada-Ku
[QS. 51.56]
Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi
[QS. 2:30]

Pencerahan hati yang dilaksanakan di Ruang pertemuan SMK Negeri 3 dengan sejuknya AC tetap menyegarkan para peserta pelatihan sekalipun hanya sedikit sekali waktu istirahat yang disediakan panitia. Selain itu bagi peserta perokok dalam kegiatan ini ada perjuangan lebih untuk tidak merokok di ruang ber Ac. Kegigihan dan kegairahan peserta tetap terpelihara sampai kegiatan ini berakhir.

Pencerahan hati semoga menjadi jalan masuknya Hidayah Allah sehingga kita menjadi guru yang berselimut ridha dan kasih saying Allah. Amin.

Imam-KHairi/Red

Tidak ada komentar: